Saturday, October 29, 2016

Campak - Gejala, penyebab dan Pengobatan

APA ITU CAMPAK ?

Campak merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh virus dan penyakit ini sangat menular. Pada tahun 1980 , sebelum meluasnya vaksinasi, campak adalah penyebab dari 2,6 juta kematian setiap tahun. penyakit ini menjadi salah satu penyebab utama kematian di kalangan anak - anak, merskipun adanya vaksin yang aman dan efektif. Sekitar 114 900 orang meninggal akibat campak pada tahun 2014 - sebagian besar anak - anak berusia di bawah 5 tahun.

Campak - Gejala, penyebab dan Pengobatan
Campak - Gejala, penyebab dan Pengobatan


Campak disebabkan oleh virus paramyxovirus dan biasanya ditularkan melalui kontak langsung dan melalui udara. Virus menginfeksi selaput lendir, kemudian menyebar ke seluaruh tubuh. Campak adalah penyakit manusia dan tidak diketahui apakah ada terjadi pada hewan.

Kegiatan percepatan imunisasi berdampak sangat besar pada pengurangan kematian yang disebabkan oleh campak. Selama 2000 - 2014 , vaksinasi campak diperkirakan mencegah 17,1 juta kematian. dan kematian karena campak secara global telah menurun 79% dari perkiraan 546 800 pada tahun 2000 dan 114 900 pada tahun 2014.

TANDA DAN GEJALA CAMPAK

Tanda awal dari campak biasanya demam tinggi, yang di mulai sekitar 10 hingga 12 hari setelah terpapar virus, dan berlangsung 4 sampai 7 hari. seperti pilek, batuk , mata merah dan berair, dan bintik - bintik putih kecil di pipi bisa berkembang pada tahap awal. kemudian setelah beberapa hari , ruam  meletus, biasanya pada wajah dan atas leher. Selama sekitar 3 hari, ruam menyebar, akhirnya sampai ke tangan dan kaki. ruam berlangsung selama 5 hingga 6 hari, dan kemudian memudar. Rata - rata , ruam terjadi 14 hari setelah terpapar virus ( kisaran 7 hingga 18 hari ).

Campak - Gejala, penyebab dan Pengobatan
Anak - Anak Campak

Kebanyakan kematian yang ada kaitannya dengan campak disebabkan karena komplikasi yang terkait dengan penyakit. komplikasi lebih sering terjadi pada anak - anak yang berusia di bawah 5 tahun , atau orang dewasa di atas 20 tahun. komplikasi paling serius termasuk kebutaan , ensefalitis ( infeksi yang menyebabkan pembengkakan otak ), diare dan dehidrasi, infeksi telinga, atau infeksi pernafasan seperti pneumonia. campak yang parah yaitu seperti gizi buruk pada anak - anak, terutama mereka yang kekurangan vitamin A, atau sistem kekebalan tubuh yang telah dilemahkan oleh HIV/AIDS atau penyakit lainnya.

Pada populasi dengan gizi buruk yang tinggi serta kurangnya perawatan kesehatan , hingga 10% dari kasus campak mengakibatkan kematian.perempuan yang terinfeksi saat hamil juga berisiko komplikasi parah dan kehamilan bisa berakhir dengan keguguran atau melahirkan prematur. Orang - orang yang sembuh dari penyakit campak akan kebal selama sisa hidup mereka.

SIAPA YANG BERISIKO TERKENA CAMPAK ?

anak - anak yang tidak di vaksinasi maka berisiko tinggi terkena campak dan komplikasinya, termasuk kematian. Wanita hamil yang tidak di vaksinasi juga berisiko. setiap orang yang belum di vaksinasi atau telah di vaksinasi tapi tidak mengembangkan kekebalan tubuh maka juga dapat terinfeksi.

Campak masih umum di banyak negara berkembang terutama di bagian Afrika dan Asia. Mayoritas ( lebih dari 95% ) dari kematian campak terjadi di negara - negra dengan pendapatan perkapita yang rendah dan infraktruktur kesehatan yang lemah atau kurang memadai.

Wabah campak bisa sangat mematikan di negara - negara yang mengalami atau pulih dari bencana alam atau konflik. Kerusakan infratruktur kesehatan dan pelayanan kesehatan.selain itu kepadatan penduduk di kampung - kampung juga sangat berisiko untuk meningkatkan infeksi.

DIAGNOSIS CAMPAK

Dokter bisa mengkonfirmasi campak dengan memeriksa ruam kulit anda dan memeriksa gejala yang merupakan ciri khas dari penyakit ini, seperti bintik - bintik putih di mulut, demam , batuk , dan sakit tenggorokan.

Jika dokter tidak dapat mengkonfirmasi diagonisis berdasarkan pengamatan maka mereka mungkin akan mengambil darah anda untuk diperiksa virus campak

KOMPLIKASI YANG TERKAIT DENGAN CAMPAK

Penting untuk menerima vaksin campak karena campak dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa, seperti pneumonia dan radang otak (ensefalitis)

Komplikasi lain yang terkait dengan campak dapat mencakup :

  • Infeksi telinga
  • Bronkitis
  • Keguguran atau Melahirkan prematur
  • Menurun Trombosit darah
  • Kebutaan 
  • Diare berat


PENCEGAHAN CAMPAK

Secara rutin vaksinasi campak untuk anak - anak , dan dikombinasikan dengan kampanye imunisasi massal di negara - negara dengan kasus dan kematian yang tinggi, srategi kesehatan masyarakat adalah kunci untuk mengurangi kematian akibat campak secara global. Vaksin campak telah digunaka selama lebih dari 50 tahun. Hal ini aman , efektif dan murah.

Vaksin campak sering digabungkan dengan vaksin MMR (Mumps, Measles, Rubella) yaitu vaksin kombinasi yang diberikan untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak terhadap penyakit Mumps (gondongan), Measles (campak) dan Rubella (campak jerman). 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.