Sunday, September 4, 2016

Zat-Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok

Zat-Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam RokokMerokok merupakan salah satu kebiasaan buruk dan berdampak negatf untuk kesehatan tubuh. Di setiap bungkus rokok ada disebutkan bahwa merokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin". Namun meskipun bahaya rokok telah disebutkan di bungkus rokok , masih banyak kita temukan perokok aktif disekitar kita. 

Zat-Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok
Zat-Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok

Menderita Penyakit jantung , merupakan salah satu konsekuensi utama yang bisa anda dapatkan dari rokok. Bahkan diperkirakan , sebanyak 20% kematian akibat penyakit jantung ada kaitannya dengan kebiasaan merokok. 


Zat-Zat Berbahaya Yang Terkandung Dalam Rokok


Karbon monoksida
Karbon Monoksida merupakan sejenis gas yang tidak berasa , tidak berbau serta tidak berwarna, Gas ini dihasilkan dari pembakaran tidak sempurna dari senyawa karbon. Pada sebatang rokok mengandung 3-6% karbon monoksida. Gas ini bisa terhisap oleh perokok atau orang – orang disekitar.

Nikotin
Nikotin merupakan zat candu yang sangat kuat, bahkan lebih kuat dari heroin atau kokain. pada hisapan pertama zat nikotin maka akan terstimulasi pada otak dan tubuh agar lebih rileks. Nikotin pada rokok juga bisa mempengaruhi hormon – hormon yang diproduksi oleh tubuh. Oleh karenanya perokok berat akan menyebabkan ketergantungan hormon yang tinggi karena pengaruh nikotin. Apabila zat nikotin ini dikonsumsi dalam jangka panjang dan lebih sering maka dapat memicu perokok untuk terkena penyakit paru – paru , jantung , stroke dan berbagai penyakit lainnya.

Tar
Tar merupakan kumpulan senyawa kimia yang dapat mengendap di dalam tubuh, hal ini karena zat ini bersifat korsinogen. Saat anda mengisap rokok, maka zat ini akan masuk pada rongga mulut lalu tenggorokan dan menjadi sekumpulan endapan, tar bisa menjadi faktor utama yang menyebabkan radang gusi karena tar bertumpuk di gusi dan membuat sekumpulan plak dan timbulnya bakteri.

Kadmium
Kadmium merupakan zat beracun yang juga digunakan pada rokok, zat ini biasanya digunakan pada batrei. Aapabila tubuh secara terus menerus mengonsumsi zat ini makan akan merusak ginjal.

Akreloin
Akreloin merupakan zat yang diambil dari kandungan alkohol, artinya zat akreloin ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil.

Amoniak
Jika zat ini masuk ke dalam peredaran darah maka akan menyebabkan penderitanya merasakan koma atau pingsan. Amoniak ini merupakan perpaduan zat hydrogen dan nitrogen. Zat amoniak ini biasanya digunakan untuk pembersih toilet dan jendela.

Sianida
Sianida merupakan zat yang biasanya digunakan dalam pembuatan plastik dan zat ini juga sebagai racun yang mematikan pada efek – efek tertentu. Sianida ini dapat membunuh manusia hanya dalam waktu yang singkat yaitu 15 menit. Zat ini akan memperhambat penyerapan oksigen dalam tubuh.

Benzene
Benzene merupakan zat kimia yang disebut juga dengan senyawa bensol, zat ini mudah terbakar dan berbau menis. Zat ini merupakan salah satu jenis hidrkarbon aromatik dan salah satu komponen minyak bumi. Zat ini biasanya digunakan di dunia industri.

Carcinogens
Carcinogens merupakan zat yang dapat memicu tumbuhnya kanker di dalam tubuh, dan zat ini terkandung pada asap rokok. Memang potensi tiap orang untuk terjadinya kanker berbeda – beda tergantung lingkungan dan individual manusia itu sendiri, namun semakin besar lingkungan yang berpotensi timbulnya dampak kanker maka makin besar pula kemungkinan terjadinya kanker.

Baca Juga :


Metanol
Zat yang satu ini merupakan cairan alkohol yang sifatnya mudah terbakar , mudah menguap, berbau khas dan beracut. Metanol ini biasa dipakai untuk bahan bakar dan bahan pendingin anti beku.

Insektisida
ini merupakan zat yang biasanya dipakai untuk membunuh serangga

Formaldelhida
Biasanya zat ini disebut dengan Formalin dan digunakan untuk membunuh bakteri. Sedangkan kandungan zat ini pada rokok bisa berdampak nafas pendek, hiportemia dan kanker hidungan serta radang tenggorokan.

Arsenik
Arsenik merupakan zat yang biasanya digunakan untuk pada racun tikus.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.