Tuesday, August 9, 2016

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui - Ibu yang menyusui memerlukan 200 kalori perhari lebih banyak dibanding ketika hamil. Oleh karena ibu yang menyusui harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari – hari, yakni makanan yang mengandung nutrisi yang cukup.

Biasanya setelah melahirkan sang ibu ingin agar tubuhnya kembali lansing, akan tetapi jangan sampai membatasi jumlah makan atau makanan sehat. Karena tanpa membatasi makan pun ibu yang menyusui akan kehilangan 1 sampai 4 kilogram berat badan per bulan. 
 
Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
Oleh karenanya ibu tidak perlu membatasi asupan kalori ( makan ). Makanan sehat untuk ibu menyusui adalah makanan yang Kaya Protein, karena selama menyusui ibu harus makan 2-3 porsi protein setiap hari. Dimana satu porsi setara dengan 3 sampai 4 ons daging , ikan atau unggas.

SUMBER PROTEIN YANG BAIK ADALAH :

Daging Daging unggas
Makanan Laut
Telur
Keju
Susu dan yogurt
Tahu dan tempe
Kacang kering

The Food and Drug Administration (FDA) merekomendasikan bahwa ibu menyusui tidak boleh makan ikan laut yang memiliki kadar merkuri yang tinggi seperti ikan hiu, ikan todak, dan king mackerel.

Ibu yang menyusui juga membutuhkan kalsium sebanyak 1.300 Miligram perhari. Sumber makanan sehat untuk ibu menyusui yang mengandung kalsium tinggi adalah : Susu Yogurt ,Keju ,Jus jeruk yang diperkaya kalsium ,Tahu yang diperkaya kalsium ,Zat Besi .

Selain Kalsium , ibu menyusui juga membutuhkan zat besi mulai dari 9 – 10 Miligram perhari .

Sumber zat besi yang dapat ibu konsumsi antara lain:

Daging Daging unggas
Makanan Laut
Kacang kering
Buah kering
Kuning telur

Selain Kalsium dan Zat Besi , Ibu menyusui juga membutuhkan vitamin C yang tinggi , bahkan lebih tinggi dibanding selama kehamilan, yaitu 115 – 120 Miligram vitamin C per hari.

SUMBER MAKANAN YANG MENGANDUNG VITAMIN C :

Buah jeruk
Brokoli
Kentang
Paprika
Tomat
Buah Kiwi
Kubis
Kembang Kol

Ibu yang menyusui juga harus lebih banyak minum air putih, Orang dewasa yang menyusui atau tidak menyusui membutuhkan cairan rata – rata sampai 8 gelas air per hari. Jika ibu menyusui minumlah segelas air setiap kali selesai menyusui. Selain air putih, cairan yang baik lainnya unutk diminum ibu menyusui yaitu jus buah, susu, kaldu, dan sup.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Menyusui :


Batasi makanan dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan beberapa minuman soda. Kafein dapat melewati sawar ASI sehingga bayi dapat terkena dampaknya.

Adapun beberapa efek kafein pada bayi yang disusui antara lain: tidak tidur dengan baik atau mudah marah atau rewel.

Bayi yang baru lahir mungkin lebih sensitif terhadap kafein dibanding bayi yang lebih tua.

Hindari minum alkohol dan asap rokok serta obat-obatan terlarang. Selain itu, jangan sembarangan menggunakan obat-obatan walaupun itu dijual bebas, apalagi yang tidak diketahui kemanannya untuk ibu menyusui.

Informasi Tambahan Asam DocasaHexanenoic (DHA) merupakan asam lemak omega 3 yang sangat penting dan dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan otak. Kadar DHA dapat ditingkatkan dalam ASI dengan cara makan ikan 2-3 kali per minggu. Makanan sehat ibu menyusui yang merupakan sumber DHA terbaik adalah: salmon, bluefish, dan tuna.

Warna makanan yang ibu makan termasuk pigmen alami dalam sayuran dan suplemen herbal atau pewarna makanan dapat mengubah warna ASI Rasa pada makanan yang ibu makan juga akan mempengaruhi ASI.

Makanan pedas biasanya ditoleransi dengan baik oleh kebanyakan bayi. Jika bayi mengalami perut kembung, kolik atau diare setelah ibu makan makanan tertentu, cobalah untuk menghentikan makanan tersebut selama beberapa minggu dan lihatlah apakah gejalanya membaik atau tidak.

Kemudian coba makanan lagi apakah memang itu berpengaruh. Dalam kasus yang jarang terjadi bayi menyusui dapat mengembangkan alergi makanan terhadap makanan yang ibu makan.

Gejala yang paling umum yaitu berak berwarna hijau, seperti lendir dan bercak darah. Makanan yang paling umum yang menyebabkan alergi adalah produk susu, produk kedelai, gandum dan telur.

Makanan yang lebih jarang menyebabkan alergi termasuk ikan, kacang-kacangan, kacang tanah atau jagung. Dengan mengetahui makanan sehat untuk ibu menyusui dan mengonsumsinya, maka Anda telah berbuat adil pada diri sendiri dan buah hati tercinta.

Sumber : Mediskus

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon

Note: Only a member of this blog may post a comment.